Headlines

Sejarah dan Perkembangan Sekolah Manado


Sejarah dan Perkembangan Sekolah di Manado

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam bidang pendidikan, dan perkembangan sekolah di Manado tidak terkecuali. Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, telah menjadi pusat pendidikan yang penting di wilayah tersebut. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah dan perkembangan sekolah di Manado, serta mengungkapkan beberapa referensi relevan terkait topik ini.

Sejarah pendidikan di Manado dimulai pada masa penjajahan Belanda. Pada tahun 1913, Belanda mendirikan Sekolah Rakyat, yang kemudian dikenal sebagai Hollandsch-Inlandsche School (HIS) atau Sekolah Belanda-Pribumi. Sekolah ini didirikan sebagai upaya untuk memberikan pendidikan yang setara antara anak-anak pribumi dan anak-anak Belanda. HIS juga menjadi tonggak penting dalam perkembangan pendidikan di Manado.

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan sekolah di Manado semakin pesat. Pada tahun 1921, didirikan Kweekschool, lembaga pendidikan yang bertujuan untuk melatih guru-guru pribumi. Kweekschool berperan penting dalam mencetak tenaga pendidik yang berkualitas di Manado dan sekitarnya.

Pada tahun 1950, pemerintah Indonesia mengambil alih sistem pendidikan di Manado dan seluruh wilayah Indonesia. Masa ini ditandai dengan berdirinya sekolah-sekolah negeri yang dikelola langsung oleh pemerintah, seperti SDN (Sekolah Dasar Negeri) dan SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri).

Seiring dengan perkembangan zaman, sekolah-sekolah di Manado juga mengalami perubahan dan peningkatan kualitas. Pemerintah dan masyarakat Manado terus berupaya untuk meningkatkan standar pendidikan di daerah tersebut. Banyak sekolah swasta juga didirikan, baik yang berbasis keagamaan maupun non-keagamaan, yang memberikan alternatif pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat Manado.

Salah satu referensi yang relevan terkait sejarah dan perkembangan sekolah di Manado adalah buku berjudul “Sejarah Pendidikan di Indonesia” karya Prof. Dr. H. Sugiyono. Buku ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang sejarah pendidikan di Indonesia, termasuk di Manado.

Selain itu, artikel “Perkembangan Pendidikan di Manado” yang diterbitkan oleh situs berita lokal, seperti Tribun Manado, juga memberikan informasi yang berguna tentang perkembangan pendidikan di Manado.

Dalam kesimpulannya, sejarah dan perkembangan sekolah di Manado mencerminkan upaya pemerintah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan pendidikan di wilayah tersebut. Dari pendirian Sekolah Rakyat pada era kolonial hingga berdirinya sekolah-sekolah modern saat ini, Manado terus berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi generasi mendatang.

Referensi:
1. Sugiyono, H. (2016). Sejarah Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
2. Tribun Manado. (2018). Perkembangan Pendidikan di Manado. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2021, dari